Edi Siswanto

Seorang bapak dengan 1 òrang istri dan 3 orang anak...

Selengkapnya
Navigasi Web
Paradikma Pendidikan

Paradikma Pendidikan

Paradikma Pendidikan

Pendidikan merupakan jembatan untuk menuju sebuah peradaban bangsa yang maju. Pendidikan yang maju tentu akan sangat ditentukan oleh kualitas tenaga pendidiknya. Guru yang berkualitas akan melahirkan pendidikan yang berkualitas pula sehingga diharapkan akan terlahir generasi pendidikan yang berkualitas dan mandiri. Maka sangat beralasan ketika Jepang di bom atom oleh Amerika pada saat perang dunia dua hingga menyebabkan kota Hirosima dan Nagasaki rata dengan tanah maka hal yang paling utama menjadi perhatian Kaisar Jepang saat itu, adalah pendidikan, dengan menanyakan seberapa banyak guru-guru yang tersisa?. Ini menandakan betapa peranan guru dalam pendidikan sangat besar dalam membangun suatu negeri untuk menuju kemajuan.

Pendidikan juga memiliki peran strategis dalam pembangunan karakter bangsa dengan tujuan agar peserta didik dapat secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara sebagaimana tertuang dalam UU Sisdiknas no.20 tahun 2003 pasal 1 ayat 1.

Proses pembelajaran sebagai aktifitas utama pendidikan haruslah dipandang sebagai aktiftas yang kompleks, bukan sekedar transfer of knowledge dari guru kepada peserta didik secara tekstual. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 24 Tahun 2007 menyebutkan bahwa proses pembelajaran tidak harus dilaksanakan di dalam kelas.

Guna mencapai harapan di atas maka metode pembelajaran berbasis proyek (project based learning) dituntut mampu memberikan suasana penuh gairah belajar lewat pembelajaran yang terpusat pada siswa child centered curriculum.

# stay at home

# Edi Siswanto

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post