Edi Siswanto

Seorang bapak dengan 1 òrang istri dan 3 orang anak...

Selengkapnya
Navigasi Web
MUSISI PROGRESIF dan LITERAT

MUSISI PROGRESIF dan LITERAT

MUSISI PROGRESIF dan LITERAT

@die She is one to*

Pada tantangan menulis hari yang ke 59 kali ini penulis kembali mengangkat sosok pemusik yang sebelumnya pernah penulis angkat dalam tulisan dalam judul Anti Maenstrim. Memang sosok ini bagi penulis sangat unik, selain jago dalam membuat lagu Top dan Hits yang sangat digemari kalangan muda karena baik syair maupun arasemen musiknya memang apaik dan berkelas. Entah berapa banyak lagi yang pernah dibuatnya, dan berapa banyak penyanyi yang pernah diobitkannya hingga sukses. Setiap lagu yang diciptakannya setahu penulis selalu meledak dipasaran. Grup musiknyapun sudah melegendaris sekalipun sempat tambal sulam personel. Bahkan anggota grupnya pun ada yang kesandung narkoba, namun tidak lantas membuat grup musiknya menjadi redup. Salah satu lagu yang sangat populer dan saat itu penulis masih duduk di banggku SMA adalah lagu berjudul KANGEN.

Melalui lagu KANGEN inilah mengantarkan grup musik ini mampu bersaing dan bahkan menggeser popularitas grup musik yang sudah lebih dulu eksis. Dialah DEWA 19 yang dikomendani oleh Ahmad Dani. DEWA 19 konon akronim dari Dani Edwin (sudah meninggal) Wawan, Ari Lasso. Sedangkan 19 adalah usia saat mereka bergabung dalam grup musik itu tetapi itu sependek pengetahuan penulis tentang asal musasl Dewa 19, wallahualam kalau salah.

Pada tulisan kali ini penulis tidak mengulas sejarah ataupun kiprah grup musik Dewa 19 karena penulis tidak memiliki pengetahuan cukup terkait musik artis terlebih tentang DEWA 19. Yang ingin penulis bahas dalam tulisan ini adalah salah satu sosok grup musik Dewa 19 yang mungkin menurut sebagian kalangan sangat kontroversial, terkesan arogan, ngomongnya ceplas ceplos, cuek dengan pemberitaan ataupun nyinyiran namun idealisnya kuat siapa lagi kalau bukan Admad Dani atau Dani Ahmad Prastyo.

Namun siapa sangka sosok Ahmad Dani ini adalah seorang intelektual yang memiliki wawasan yang lumayan luas. Dalam beberapa acara di chanel youtube bagaimana rumahnya selain penuh dengan koleksi berbagai barang yang berharga baik dari sisi sejarah maupun kelangkaan barang baik itu berupa foto jadul, kaset lawas dari beragai penyanyi lawas yang sempat hits saat iitu, namun dia juga seorang kolektor buku. Sepertinya ada ribuan koleksi buku yang dimiliki Ahmad Dani yang tentunya penulis memperkirakan bernilai milyaran rupiah karena ada banyak buku yang di dapatkan dari luar negeri. Bahkan dia juga menunjukan kitab Bibel tahun 1800 an yang dia peroleh saat dia ke Amerika Serikat kitab orang Budha juga punya bahkan buku Dis Caphital yang merupakan kitabnya orang komunis pun dia punya. Banyak sekali buku-buku kelas berat dan sangat menarik yang menjadi koleksi Ahmad Dani. Penulis yakin dari begitu buanyaknya koleksi bukunya tentu sudah pernah dibacanya. Hal ini nampak begitu hafal dan faham dimana letak buku yang dikoleksinya ditempatkan ketika dia menjelaskan suatu perkara dengan menunjuk bukunya.

Intelektual Ahmad Dani nampak saat dia mengunggah ulasanya di chanel youtubenya begitu luas wawasan sejarah baik terkait teologi, sejarah peradaban bangsa maupun sejarah nasional yang memang menurut pengakuannya kakek dan ayahnya juga dulunya tokoh bangsa. Ahmad Dani bisa dibilang aset bangsa karena kemampuannya dalam bermusik maupun kiprahnya didunia politik yang sempat membuat menghantarkanya ke penjara selama kurang lebih satu tahun. Dia sosok musisi yang menurut penulis sangat langka. Penulis katakan langka karena jarang kalangan musisi itu menjadi pemikir dengan aktifitas literasi yang sangat tinggi. Itulah sosok Ahmad Dani dengan koleksi buku yang tertata rapi yang telah memberikan pengetahuan tentang banyak hal.

# * kagum dengan koleksi buku

# stay at home

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post