Edi Siswanto

Seorang bapak dengan 1 òrang istri dan 3 orang anak...

Selengkapnya
Navigasi Web
GURU DARING ANTI GALAU

GURU DARING ANTI GALAU

GURU DARING ANTI GALAU

Oleh:

@die she is one to

Masih merebaknya wabah pandemi covid-19 diberbagai daerah memberikan rasa khekhawatiran tersendiri. Kebijakan new normal dipandang belum tepat mengingat kasus penyebaran dan pertambahan kasus positif belum menunjukan penurunan yang signifikan. Maka kebijakan menteri pendidikan bagi sekolah yang akan membuka sekolah dengan belajar secara tatap muka dengan syarat sekolah tersebut harus berada di zona hijau sangat tepat. Mengingat dampak besar berupa penambahan klaster baru mungkin saja akan terjadi. Penguatan pembelajaran daring menjadi solusi paling tepat saat ini.

Memang ketika kebijakan pembelajaran daring sebelumnya namak masih belum optimal mengingat kurangnya persiapan dan pengetahuan yang cukup dengan pembelajaran daring karena sifatnya mendadak maka untuk kedepan para guru harus lebih mempersiapkan diri dengan pembelajaran daring yang lebih baik dan berkualitas tidak hanya berpaku pada pemanfaatan WA saja namun lebih bisa memanfaatkan aplikasi berbasis teleconfern lainnya.

Selain itu, ada hal lain yang perlu disiapkan oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring lanjutan nantinya adalah sistem kontrol. Bagimana menyiapkan sistem kontrol yang memungkinkan pola ini efektif yang memastikan siswa dapat benar-benar menjalankan proses belajar dengan sistem daring dengan penuh kesiapan. Mengontrol tugas akademik baik berupa laporan potofolio ataupun tugas sejenisnya perlu dievaluasi pelaksanaan teknisnya agar tugas benar-benar dilasanakan sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Semangat untuk tetap menjalankan proses kegiatan belajar tetap harus ada dalam diri guru-guru yang terdampak bencana wabah virus covid-19. Ini juga harus menjadi momentum untuk melaksanakan mitigasi dampak wabah maupun bencana lainnya jikalau menghadapi kondisi yang demikian. Pola mitigasi ini diharapkan bisa menekan resiko siswa tidak belajar selama musibah berlangsung. Sehingga tidak terkesan seolah sekolah libur maka para siswa merasa lepas tanggungjawabnya untuk belajar.

Kesiapan guru untuk menyesuaikan pola daring ini musti harus semakin ditingkatkan, karena belum pastinya kapan wabah ini akan berakhir meniscayakan guru tetap terus menyelenggarakan kegiatan belajar-mengajar dengan pola ini. Jangan sampai adanya wabah ini menyebabkan guru menjadi galau dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran hanya lantaran belum bisa menyesuaikan pola daring yang terpaksa ini menjadi pilihan terbaik saat ini. Semoga ini bisa menjadi momentum untuk menjadikan guru Indonesia melek akan teknologi dan informasi kususnya untuk kegiatan belajar mengajar di era revolusi 4.0.

# anti galau

# stay at home

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kadang galau muncul juga Pak Edi. Salam literasi.

26 Jun
Balas

salam..

27 Jun



search

New Post