Edi Siswanto

Seorang bapak dengan 1 òrang istri dan 3 orang anak...

Selengkapnya
Navigasi Web

BEDA ISBN DAN ISSN

BEDA ISBN DAN ISSN

Sebagai penulis buku ilmiah ataupun jurnal penelitian hal yang perlu diketahui adalah tentang istilah ISBN dan ISSN dimana keduanya adalah hal yang berbeda. Baiklah mari kita kaji secara singkat tentang kedua hal tersebut biar gak salah alamat ya hehehe.

International Standard Book Number (ISBN)

ISBN adalah sederetan angka unik. Dimana angka tersebut menunjukan identitas buku yang akan di jual belikan. Tidak semua buku memiliki ISBN loh. Rata-rata buku-buku yang diperjual belikan yang ada. Karena peranan ISBN juga untuk mengidentifikasi buku.

Meskipun berbentuk angka di sampul belakang buku. Penggunaan ISBN tidak digunakan secara sembarangan. Pertanyaannya adalah, bagaimana mendapatkan ISBN? Memang ISBN tidak bisa di dapatkan dengan mudah. Ada syarat dan ketentuannya.

Syarat mendapatkan ISBN harus diajukan terlebih dahulu ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Setelah beberapa hari, kita baru akan mendapatkan nomor unik tersebut. Sekedar info tambahan nih, proses pengajuan ISBN wajib menyertakan naskah bukunya loh.

Nah, apabila di dalam proses pengiriman buku isi buku ada tambahan dan di edit, maka nomer ISBN yang sedang di proses Perpusnas tidak berlaku. Jadi syarat mengajukan ISBN tidak ada proses editing susulan. Karena sekali menambahkan editing, maka nomor ISBN itu pun juga akan berubah.

Pengajuan ISBN hanya bisa diajukan oleh pihak/lembaga penerbit buku. Maksudnya ISBN tidak boleh diajukan secara individualism. Jadi pengajuan syaratnya memiliki susunan struktur organisasi.

International Standard Serial Number (ISSN)

Nah, persamaan keduanya tersusun oleh nomor-nomor unik yang menunjukan identitas buku. Hanya saja pada ISSN hanya dikhususkan untuk publikasi majalah secara periodic dan jurnal. Jadi, buat anda yang sering melakukan penelitian dan menerbitkan jurnal tersebut ke dalam prosiding atau ke dalam majalah jurnal, maka bukan ISBN tetapi ISSN.

Perbedaan terletak pada tempat pengajuan. Jika ISBN diajukan ke Perpusnas, maka pengajuan ijin ISSN diajukan ke Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDDI) Lipi. Peran dan tugas dari PDII LIPI sekaligus bertanggungjawab melakukan pemantauan publikasi terbitan berkala.

Ada kabar menarik nih buat anda yang ingin mengajukan. Anda tidak perlu mengirimkan pengajuan secara surat atau datang ke sana. Sekarang pengajuan bisa dilakukan secara online. Pengurusan nomor ISBN dan ISSN pun akan segera di dapatkan sebelum satu minggu, tergantung kepadatan pengajuan.

Kemajuan teknologi memang memberikan banyak terobosan. Salah satu terobosan terkait ISBN dan ISSN. Sekarang setiap kali mengajukan ISSN kita akan mendapatkan fasilitas tambahan berupa barcode generator online. Padahal barcode generator online ini jika dijual belikan, konon katannya harganya mahal.

Jadi ketika kita dapatkan ini Cuma-Cuma pastinya luar biasa. Dan tahukah anda jika fasilitas ini adalah fasilitas yang diberikan pertama di dunia yang langsung disambungkan dengan pengelolaan ISSN.

Itulah pengertian dan pemahaman tentang ISBN dan ISSN. Semoga dengan ulasan ini semakin memberikan pemahaman kamu. Pastinya anda pun jadi tahu bukan perbedaan dan kesamaan antara ISBN dan ISSN. Jika ternyata dua hal tersebut berbeda. Jadi keduanya memberikan kode nomor unik, namun keduanya diperuntukan untuk hal yang berbeda.

# @die she is one to bukan siapa siapa

# dikutip dari penerbit depublish

# stay at home

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih, dapat ilmu baru nih! Salam literasi

21 Jun
Balas



search

New Post